6 Tips Maintenance Untuk Menjaga Kondisi Ban Truk Tetap Optimal

Sebagai pengemudi truk ataupun manajer armada, penting untuk memastikan ban kendaraan anda selalu dalam kondisi baik. Perawatan yang baik membantu mencegah flat dan ledakan di jalan, yang dapat menimbulkan bahaya keselamatan.

Sebagai pengemudi truk ataupun manajer armada, penting untuk memastikan ban kendaraan anda selalu dalam kondisi baik. Perawatan yang baik membantu mencegah flat dan ledakan di jalan, yang dapat menimbulkan bahaya keselamatan. Ini juga dapat memengaruhi penghematan bahan bakar dan meningkatkan masa pakai sistem rem dan sistem suspensi kendaraan anda.

Berikut ini adalah 6 langkah perawatan untuk ban truk anda:

  1. Rotasi ban secara berkala
    Ban truk, seperti kendaraan lainnya, harus diputar/dirotasi setiap 6.000-8.000 mil untuk mendistribusikan keausan tapak secara merata dan membantu ban bertahan lebih lama. Pada truk komersial, ban belakang biasanya lebih cepat aus dibandingkan ban depan.

  2. Selaraskan roda
    Mensejajarkan roda merupakan faktor utama lainnya dalam kesehatan ban. Jika roda tidak sejajar, roda akan aus secara tidak merata dan biasanya jauh lebih cepat dibandingkan dengan ban yang disejajarkan dengan benar. Anda dapat merasakan roda truk tidak sejajar jika kemudi tidak berada di tengah, jika ditarik ke satu sisi atau sisi lain, atau jika Anda merasakan lebih banyak getaran daripada biasanya saat mengemudi di jalan raya lurus.

  3. Jaga tekanan ban tetap konsisten
    Secara teratur periksa tekanan di setiap ban untuk memastikan sesuai dengan tekanan udara yang dianjurkan pabrik. Ini akan membuat mereka bertahan lebih lama dan juga akan membantu penghematan bahan bakar dalam jangka panjang.

  4. Jaga kebersihan roda dan ban
    Menjaga kebersihan tidak hanya membuat roda dan ban terlihat bagus. Ini juga baik untuk kesehatan roda dan ban itu sendiri. Bersihkan garam, minyak, dan kotoran jalanan untuk memaksimalkan ban Anda.

  5. Terapkan kebiasaan mengemudi yang baik
    Salah satu faktor terbesar dalam performa ban yang buruk adalah kebiasaan pengemudi. Jika anda berakselerasi terlalu cepat, melewati batas kecepatan, atau terlalu banyak menginjak rem, ban akan lebih cepat aus dibandingkan jika anda mengemudi dengan cerdas dan aman.

  6. Selalu lakukan pemeriksaan sebelum perjalanan
    Ini harus menjadi sesuatu yang anda lakukan sebelum setiap perjalanan. Pemeriksaan sebelum perjalanan dari sistem utama untuk kesiapan jalan harus selalu mencakup ban. Periksa tekanan ban, lihat keausan tapak.

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel berbahasa Inggris. Silahkan kunjungi link yang tersedia untuk membaca artikel sumber.
Artikel dari America Truck Driving School. Silahkan klik disini untuk membaca artikel asli.
Share this: